Rabu, 29 September 2010

Maaf




sebuah kata yang sangat simple untuk dituliskan tapi kebanyakan orang lupa atau mungkin tidak tahu arti sebenarnya, jika ditanya satu-persatu pasti jawaban yang keluar dari mulut setiap orang berbeda-beda. Karna sebenarnya maaf itu bukan untuk diartikan secara lisan tapi dilakukan dengan hati dan perbuatan.
cara meminta maafpun setiap orang berbeda-beda,begitu pula dengan cara memaafkan. Ada yang karena sudah merasa dekat gak perlu meminta maaf secara lisan, tapi ada pula walaupun yang sangat dekat tetap harus diucapkan secara lisan, gak ada yang salah dengan kedua cara tersebut tapi harus ada saling mengerti satu sama lain. Kadang terjadi salah paham bila kedua orang dengan tipe yang berbeda bertengkar dan mau bermaafan di satu sisi dia merasa gak perlu minta maaf tapi temannya ingin diucapkan secara lisan, cara terakhir jika ada kejadian seperti itu adalah mempertemukan keduanya dan dibicarakan dengan adanya penengah.

Itulah contoh betapa sulitnya memaafkan atau dimaafkan, di satu sisi dia sudah merasa dimaafkan tapi dari sisi orang lain dia belum termaafkan, kenali orang tersebut dengan baik . Bila belum terlalu kenal dengan orang tersebut dan sudah terlanjur berbuat salah kepadanya, mintalah maaf kepadanya secara lisan agar kita tahu dimaafkan atau tidak. Ini hanya saran bukan untuk menggurui.... intinya maaf itu penting.

Tidak ada komentar: